TAHU ACI BANJARAN (Tahu Upil) | Makanan Khas Tegal




Jangan anggap remeh makanan yang terbuat dari kedelai ini. Di Tegal, ada sebuah tempat terkenal dan menjual tahu dengan rasa yang gurih dan enak.

Tahu Aci atau Tahu Upil (memang begitu orang asli tegal menyebutnya), begitulah nama khas makanan di Kota Tegal. Salah satu penjual Tahu Aci yang sangat terkenal di kota itu adalah “Tahu Murni Putra”.

Selain terkenal, Tahu Murni Putra ini pernah meraih penghargaan Upakarti tahun 1995 untuk usaha Pengembangan Tahu, dan penghargaan ini diberikan oleh Presiden RI kala itu.

Kamu bisa menemukan Tahu Murni Putra di Jalan Pangeran Diponegoro.

Biasanya, orang-orang membeli tahu ini sampai mengantri karena penasaran dengan rasanya.
Paling pas mencicipi Tahu Aci saat masih panas. Apalagi jika disantap dengan cabe rawit, rasanya makin enak!

Oh, iya, Tahu Aci juga bisa dijadikan oleh-oleh. Beli saja, tahu yang mentah kemudian simpan di lemari es. Tahu itu bisa bertahan sampai sekitar satu minggu.

Sebenarnya, Tahu Aci, hanya gorengan tahu biasa, tapi yang membuat rasanya jadi luar biasa adalah adonan Aci yang ditempel di tahu tersebut, jadilah Tahu Aci. Campuran aci (tepung tapioka), tahu, kucai, dan bawang putihnya membuat rasa adonan aci ini menjadi sangat enak. Tahu ini juga cocok buat cemilan ataupun sebagai lauk. Selain acinya yang enak, tahu kuning yang digunakan juga sangat khas, berbeda dengan tahu kuning dari kota lain.

Nah, ada lagi jenis tahu yang dijual, yaitu Tahu Pletok. Sebenarnya, sih, mirip dengan tahu aci, hanya saja Tahu Pletok ukurannya lebih besar dan proses pembuatannya agak sedikit berbeda.
Kalau Tahu Pletok, tahunya digoreng terlebih dahulu baru kemudian ditempel acinya, kemudian digoreng lagi. Jadi, rasanya lebih kering dan sedikit lebih keras.
Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Sumber : infotegal.com  + doyanmakan.com

0/Post a Comment/Comments

Silahkan tulis komentar komu dibawah ini.

Lebih baru Lebih lama